Awal Mula

Aku memperhatikan kumpulan kebiasaan yang membentuk diriku hari ini.

Kumpulan dari pekerjaan yang -sadar atau tidak sadar- kulakukan berulang kali hingga terbentuklah jati diriku.

Tutur kata, gaya penampilan, hingga tabiat ketika makan dan berjalan, adalah akumulasi dari apa yang pernah mata dan telingaku ini tangkap.

Sayang, tak sepenuhnya dari kebiasaan itu adalah seluruhnya kebaikan. Mungkin in adalah titik khilaf dari makhluk yang dinamakan manusia, seperti aku dan kamu.

Namun Dia, Sang maha Pencipta, menganugerahkan kita dengan akal, yang sudah terasah tajam untuk mampu berfikir, dan hati, yang sudah cukup jernih untuk menimbang.

Hingga aku dan kamu, dengan bantuan keduanya, mampu memilih untuk menjadi baik atau menjadi buruk.

Hari ini, akan menjadi sebuah awal dari kerangka perbaikan diri. Akan menjadi langkah dari sejumlah rekayasa kebaikan baru. Dan aku harap semangat ini juga ada padamu.

Berat memang, menghapus kebiasaan buruk dan mengganti dengan yang baik. Ini karna kebiasaan, perlu dilatih dan diulang berkali lipat hingga terbiasa.

Penuh dengan peluh keringat usaha dan dapat dipastikan ramai dengan hujan beragam hujatan. Semacam sudah seperti sifat yang melekat, bahwa jalan lurus bukanlah jalan yang mulus, apalagi halus.

Tapi toh, disampingku ada kamu, kita berjalan beriringan, tak pernah sendirian.

Mungkin aku atau kamu, pernah melangkah lebih maju dari satu diantara kita. Sadar akan kekurangan dan sedang dalam tahap perbaikan.

Yang patut aku syukuri, aku dan kamu tak perlu lagi memikirkan siapa yang pernah berjalan lebih dulu jika kita sudah pernah memulai hal yang baik.

Hingga tak pernah terlintas untuk berkata “terlambat” atau “semuanya sudah lewat” di tengah jalannya. Karna kita ada untuk saling menguatkan.

Kita sudah sama sama melangkah lebih baik, beranjak dari titik awal mula, berjalan diatas jalur yang serupa. Aku dan kamu kini memiliki tujuan yang sama sama mulia, Surga.

Berlin, 7 Juni 2015 | Satria Wannamba Putra

Advertisements

Kommentar verfassen

Trage deine Daten unten ein oder klicke ein Icon um dich einzuloggen:

WordPress.com-Logo

Du kommentierst mit Deinem WordPress.com-Konto. Abmelden / Ändern )

Twitter-Bild

Du kommentierst mit Deinem Twitter-Konto. Abmelden / Ändern )

Facebook-Foto

Du kommentierst mit Deinem Facebook-Konto. Abmelden / Ändern )

Google+ Foto

Du kommentierst mit Deinem Google+-Konto. Abmelden / Ändern )

Verbinde mit %s